Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMK Sleman

2022-03-31 01:51:42

Hari Rabu, 30 Maret 2022 diadakan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMK Kabupaten Sleman di Kampus Politeknik YKPN Yogyakarta. Pertemuan ini mengusung tema 'Efektivitas Layanan di Masa Pandemi'. Tema ini diambil dengan harapan pada guru BK dapat meningkatkan layanan kepada para siswa secara efektif di masa pandemi. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Drs. Sururi, M.B.A., Ak., CA., CPA, Hermada Dekiawan, S.E., M.Sc, dan Dr. Suwarjo, M.Si.

Bapak Drs. Heri Prayitno mewakili Ketua MGBK mengatakan bahwa forum MGBK sudah merancang berbagai program dan merencanakan program studi banding di bulan Oktober sebagai bentuk peningkatan kualitas layanan guru BK. "Semoga dunia pendidikan segera dapat pulih dari pandemi dan proses belajar-mengajar dapat berlangsung secara optimal", tambah beliau. Dalam sambutannya, Bapak Sururi mengatakan bahwa guru BK mempunyai peran yang sangat strategis untuk menyiapkan lulusan ketika terjun di masyarakat, terutama kebutuhan softskill.

Pertemuan MGBK ini turut mengundang Dr. Suwarjo, M.Si sebagai pembicara. Dalam materinya, Dr. Suwarjo mengatakan bahwa guru harus bisa adaptif untuk melakukan pengajaran saat ini. Guru BK perlu berpikir keras untuk dapat menyampaikan informasi kepada siswa secara efektif. Cara penyampaian informasi perlu disesuaikan supaya siswa dapat tertarik, terutama di era revolusi industri 4.0. "Kita perlu membuat dan menyampaikan informasi yang dapat menggedor di relung hati siswa kita, sebagai contoh pembuatan softfile flyer yang menarik", tambah beliau. Guru BK perlu mengoptimalisasi setiap unit sekolah agar dapat meningkatkan softskill siswa. Guru BK juga perlu memastikan bahwa setiap kegiatan sekolah dapat memberikan nilai tambah bagi siswa.